Posted in Membaca Al-Qur'an

Tips merespon krisis kemanusiaan Rohingya

Tips ini hanya untuk orang cerdas dan meyakini hanya ada 1 ras yakni ras manusia.

Krisis kemanusiaan Myanmar yang terjadi saat ini menyita perhatian sebagian masyarakat di Indonesia, ASEAN dan dunia internasional.
Ada banyak cerita, fakta,mitos, kepentingan, dalam peristiwa ini. Sebagian masyarakat muslim di Indonesia terpanggil rasa simpati dan empati karena etnis Rohingya terusir, pegiat HAM terpanggil menginvestigasi atas apa yang terjadi, pegiat perdamaian mulai mencari cara berkontribusi dan sebagainya.

Saya tak akan rinci tentang Rohingya, Ma ba tha, ARSA ataupun latar belakang krisis, karena saya belum.pernah ke Myanmar, walau punya teman orang Myanmar. Saya hanya mengajak MANUSIA BERAKAL dan BERAGAMA untuk CERDAS menyikapi suatu krisis kemanusiaan.

Berikut tips 3 K , Kaji-kelola-kontrol untuk setiap krisis kemanusian termasuk apa yang terjadi terhadap etnis Rohingya

1) Kaji
Apa yang terjadi ketika krisis terungkap? Ya benar, yang terjadi adalah informasi berseliweran. Informasi datang dari mana saja, ada yang fakta, rumor, opini, kabar bohong. Informasi di kemas sesuai kepentingan penyebar. Contoh ; yang terekspos adalah Rohingya (Muslim) terusir dari Rakhine, padahal penganut Budha pun terusir. Pihak pemerintah Myanmar menyatakan ARSA adalah teroris, masyarakat Myanmar non Rohingya mengatakan bahwa Rohingya tak pernah ada, yang ada adalah migran Bengali. Di sisi lain ARSA menyatakan tidak tekait dan tidak berafiliasi dengan jaringan teroris manapun, masyarakat Rohingya meyakini bahwa nenek moyang mereka telah menetap di Rakhine sejak 300 tahun yang lalu.
Sebagian kita ada yang ingin mengkonsumsi informasi sesuai keinginannya bukan berdasarkan fakta. Sebaiknya mari mengkaji informasi sesuai fakta dari orang atau media yang memiliki kredibilitas tinggi, atau yang paling sedikit bohongnya. Dan kalaupun anda ingin menyebar informasi maka sebaiknya dari sumber yang kredibel. Jika tidak kredibel maka andapun tidak kredibel. Hati-hati, jika salah menyebar berita anda bisa jadi menyebar kabar bohong bahkan fitnah. Untuk memupuk kredibiltas anda maka berhentilah mengkonsumsi berita tidak kredibel dari siapa saja.

2) Kelola
Apa yang terjadi selanjutnya? Ya benar, ribuan informasi pasti anda terima mulai dari ;

  • konteks krisis berupa sejarah krisis, aktor krisis, korban krisis, dampak krisis, wilayah krisis dsb akan tersaji, sekali lagi akan ada banyak versi.
    Tips ; berpikirlah jernih, gunakan hati dan akal sebelum bertindak dan mengambil keputusan menyalurkan informasi
  • Geliat respons tokoh-tokoh politik lokal, regional dan dunia.
    Politisi dunia pun bisa marah dan salah dalam merespon krisis, mereka kadang mengecam aktor krisis, akibatnya bisa berdampak negatif terhadap korban krisis. Contoh ; Tim.pencari fakta PBB tidak mendapat visa ke Myanmar untuk melakukan investigasi karena hasil laporan investigasi kasus serupa berat sebelah dan tidak terkonfirmasi dari pihak pemerintah Myanmar.
    Tips ; Mari budayakan prinsip saya menang, anda menang, kita semua menang, kemanusiaan menang.
  • Propaganda untuk meraih simpati dan empati, atau sebaliknya propaganda yang membuat anda ‘nyinyir’, benci atau muak
    Akan ada banyak.aksi simpati dan empati atau aksi sebaliknya, hal ini normal. Propaganda bisa melalui media daring ‘mainstream’ ataupun media sosial, ada dalam.bentuk.ulasan, berita, talk show, video, foto, meme atau media offline aeperti demonstrasi, aksi doa bersama lintas agama, anjangsana antar ulama lintas agama.
    Tips ; Propaganda ada yang positif dan ada yang negatif, jika anda ingin terlibat dalam satu propaganda maka gabunglah ke dalam ranah yang positif jangan sebaliknya, contoh aksi simpatik terhadap Rohingya di depan kedubes Myanmar tetapi anggota aksi malah membakar bendera Myanmar, tahukah si pembakar bendera itu bahwa etnis Rohingya sedang memperjuangkan hak dasar mereka yakni memiliki kewarga negaraan Myanmar? Bagaimana bisa dia bilang simpatik tetapi membakar bendera negara mereka? Etnis Rohingya belum seberuntung etnis keturunan India, etnis keturunan Arab, etnis keturunan Tionghoa yang telah diakui kewarga negaraan mereka di negara-negara ASEAN.
    Tips berikutnya adalah bersikaplah positif dan simpatik. Lihatlah ke sekeliling kita, aksi simpatik atau aksi untuk mengundang kebencian tidak hanya dilakukan oleh kaum segolongan tetapi juga dari golongan lain. Contoh ; Ada penganut Budha yang menggalang dana untuk Rohingya kemudian menyalurkan melalui MUI. Contoh lainnya adalah ada umat Islam yang ikutan nyinyir terhadap apa yang terjadi terhadap etnis Rohingya
  • kampanye penggalangan dana, sumber daya manusia dan sumber daya lainnya untuk berkontribusi mengatasi krisis
    Masih ingat Tsunami Aceh pada tahun 2004? Setelah tsunami, ikutannya adalah tsunami air mata, lalu tsunami simpati, kemudian tsunami uang, tsunami.sumber daya, tsunami masalah dan tsunami solusi.
    Inilah yang akan terjadi dengan krisis kemanusiaan di Myanmar dan krisis-krisis lainnya. Mengingat krisis Rohingya mengundang banyak simpati di Indonesia maka dampak ikutannya adalah akan ada banyak sumbangan yang akan digalang dan pasti tergalang oleh banyak pihak kepada berbagai pihak.
    Tips ; Jika anda ingin menggalang dana, maka pastikan dana yang di galang tersalur kepada masyarakat korban krisis
    Jika anda ingin berdonasi maka kenalilah kredibilitas, akuntabilitas dan profesionalitas lembaga kemanusiaan penggalang dana sebelum.berdonasi. Anda bisa cek le website lembaga tersebut atau tanyalah kepada pegiat kemanusiaan. Beberapa ornop ( Organisasi non pemerintah) asli Indonesia tergabung dalam Humanitarian Forum Indonesia diantaranya Rumah Zakat, Baznas, Muhammadiyah DMC, LPBI NU, DMC Dompet Dhuafa, PKPU,Karina, Rebana, Wahana Visi Indonesia dan lain-lain. Ada juga MER-C yang khusus bergerak di wilayah konflik.
    Berdonasilah untuk aksi kemanusiaan karena berdampak signifikan terhadap pemenuhan hak asasi manusia dan kebutuhan dasar + sekunder korban krisis. Jangan berdonasi untuk kombatan karena akan sia-sia. Para kombatan tidak akan berhasil menembus wilayah konflik dan kalaupun tembus malah berkontribusi negatif akan proses rekonsiliasi, rekonsiliasi dibutuhkan agar korban konflik bisa kembali damai di Myanmar
    Jika anda hanya menonton tentang penggalangan dana ini, maka diamlah, jangan nyinyir apalagi meledek.
    Tak usahlah ada pernyataan, penggalangan dana untuk negeri seberang di lakonin tapi negeri sendiri di abaikan. Berhentilah seperti itu, karena memperkeruh suasana. Sebaiknya gunakan bahasa merangkul. Hal Ini sudah alamiah, penggalangan dana ada jika ada krisis, semakin masif maka dana semakin banyak terkumpul. Contoh ; koin untuk Prita, koin untuk KPK dll lebih cepat terkumpul jika dibandingkan dengan koin untuk jembatan penyeberangan anak sekolah di Kalimantan, tanya kenapa Boleh bertanya tapi jangan memperkeruh
  • Kabar tentang respon pemerintah
    Pro dan kontra akan tindakan pemerintah pasti ada, Maklum.politik, kepentingan golongan diatas segalanya.
    Tips; Jika program.pemerintah berkontribusi positif terhadap penyelesaian krisis maka mari kita dukung, kepentingan KEMANUSIAAN lebih diutamakan dibanding kepentingan golongan apalagi demi kepentingan ego kita.
    Pemerintah RI dan 11 ornop membuat AKIM, Menlu RI sudah ke Myanmar dan Bangladesh, hal ini baik adanya. Mari kita dukung langkah selanjutnya

3) Kontrol
Saya manusia, anda manusia, mereka yang berkonflik juga manusia.
Tips ; sebaik-baik manusia adalah berguna positif bagi manusia lainnya.

Saya bukan politisi, akademisi dan peneliti konflik. Saya hanyalah pegiat kemanusiaan yang berdomisili di kota kecil yang berharkat besar

Semoga tips diatas bermanfaat

Wasalam
FU

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s