Posted in Islam, Membaca Al-Qur'an, Uncategorized

Surat #4 Surat AN NISA atau Surat WANITA

Surat An-Nisa’ (bahasa Arab:النسآء, an-Nisā, “Wanita”) terdiri atas 176 ayat dan tergolong Surat Madaniyyah atau yang turun di Madinah. Siapakah wanita itu? Apa hebatnya WANITA sehingga Allah perlu memuliakan mereka dalam 1 Surat? Apakah karena didalam surat ini membahas tentang WANITA saja atau kah sebagian besar ayat-ayatnya membahas tentang siapa Wanita, peran Wanita dan pengaruh Wanita ?
Kira-kira apa sebabnya?

Berikut kira-kira pokok isi Surat Annisa

  • Hukum Keluarga; ayat 1-35
  • Kewajiban terhadap ALLAH dan Manusia; ayat 36-42
  • Kesucian Lahir dan Bathin ; ayat 43-57
  • Dasar-dasar Pemerintahan; ayat 58-70
  • Adab perang menurut Islam; ayat 71-104
  • Keharusan menjaga Kebenaran dan Keadilan ; ayat 105-152
  • Kesatuan Agama ALLAH SWT ; ayat 153-176

Terus apa hubungan Wanita dengan keluarga, Negara, Agama, dan Hawa Nafsu?

Agama adalah insitusi yang di anut Manusia untuk berhubungan dengan Allah SWT, agama juga mengatur Manusia untuk bernegara. Negara atau wilayah adalah institusi yang di tempati manusia untuk berhubungan dengan sesama manusia. Allah menggariskan secara jelas peranan Wanita, Negara akan kokoh jika sebagian besar keluarganya Kokoh, keluarga akan kokoh jika wanita nya kokoh, kokoh dalam arti sejahtera, aman dan stabil.

Rasulullah SAW bersabda

Untitled

“Sesungguhnya wanita diciptakan dari tulang rusuk. Dan sungguh bagian yang paling bengkok dari tulang rusuk adalah yang paling atasnya. Bila engkau ingin meluruskannya, engkau akan mematahkannya. Dan jika engkau ingin bersenang-senang dengannya, engkau bisa bersenang-senang namun padanya ada kebengkokan.” (HR. Al-Bukhari no. 3331 dan Muslim no. 3632)

Abdullah bin Amr radhiyallahu ‘anhuma meriwayatkan sabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam : “Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah.” (HR. Muslim no. 1467)

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada Umar ibnul Khaththab radhiyallahu ‘anhu : “Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang lelaki, yaitu istri shalihah yang bila dipandang akan menyenangkannya, bila diperintah akan mentaatinya, dan bila ia pergi si istri ini akan menjaga dirinya.” (HR. Abu Dawud no. 1417. Asy-Syaikh Muqbil rahimahullah berkata dalam Al-Jami’ush Shahih 3/57 : “Hadits ini shahih di atas syarat Muslim.”)

Wanita diciptakan untuk menenteramkan dan mendamaikan jiwa laki-laki, wanita identik dengan keindahan, kelembutan, perhatian dan kasih sayang. Wanita dan Pria bisa menghasilkan pemimpin-pemimpin sesuai kehendak Allah Swt.

Maha nyata Allah dengan segala Kuasa-Nya

sumber ;

  1. wikipedia
  2. https://tafsiralquran2.wordpress.com/2012/11/01/m4/

 

Fadli

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s