Posted in Uncategorized

Surat #1 ; Surat Al-Fatihah (Pembukaan)

Salam damai penuh cinta dari Kathmandu

Surat#1 Surat ALFATIHAH atau Surat PEMBUKAAN

Surat ini diturunkan di Mekkah, isinya ada 7 ayat. Surat ini adalah ibunya Al-quran, artinya? Apa tafsir ayat Bismillahirrahmanirrahim/Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang? Apa Asbabun Nuzulnya atau sebab musabab turunnya ayat ini? Itu kalimat yang tertulis di kitab, bagaimana dengan yang tak tertulis?
Maksud Allah SWT kepada kita tentang ayat ini sebenarnya? Bagaimana dengan ayat-ayat selanjutnya?

Surat Al-fathihah adalah kesimpulan seluruh surat yang ada dalam Al-quran yang Karim, surat ini membahas tentang

  • awal mula kejadian karena Rahman dan Rahim-Nya pada ayat 1
  • tentang Allah SWT dan Kuasa-Nya ayat 2-6
  • untuk apa manusia di ciptakan beserta hukum yang mesti ditaati, ayat 7

Adapun pendapat lain adalah Surat ini berisi tentang Tauhid yang utuh.

Beriman kepada Allah SWT terdapat dalam ayat 2, secara tegas bahwa segala puji dan ucapan syukur atas suatu nikmat itu bagi Allah, karena Allah adalah Pencipta dan sumber segala nikmat yang terdapat dalam alam ini. Diantara nikmat itu ialah : nikmat menciptakan, nikmat mendidik dan menumbuhkan, sebab kata Rab dalam kalimat Rabbul-‘aalamiin tidak hanya berarti Tuhan atau Penguasa, tetapi juga mengandung arti tarbiyah yaitu mendidik dan menumbuhkan. Hal ini menunjukkan bahwa segala nikmat yang dilihat oleh seseorang dalam dirinya sendiri dan dalam segala alam ini bersumber dari Allah, karena Tuhan-lah Yang Maha Berkuasa di alam ini. Pendidikan, penjagaan dan Penumbuahn oleh Allah di alam ini haruslah diperhatikan dan dipikirkan oleh manusia sedalam-dalamnya, sehingga menjadi sumber ilmu pengetahuan yang dapat menambah keyakinan manusia kepada keagungan dan kemuliaan Allah, serta berguna bagi masyarakat. Oleh karena keimanan (ketauhidan) itu merupakan masalah yang pokok, maka didalam surat Al Faatihah tidak cukup dinyatakan dengan isyarat saja, tetapi ditegaskan dan dilengkapi oleh ayat 5, yaitu : Iyyaaka na’budu wa iyyaka nasta’iin (hanya Engkau-lah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkau-lah kami mohon pertolongan). Janji memberi pahala terhadap perbuatan yang baik dan ancaman terhadap perbuatan yang buruk.

Adapun Yang Menguasai Hari Pembalasan ialah pada hari itu Allah-lah yang berkuasa, segala sesuatu tunduk kepada kebesaran-Nya sambil mengharap nikmat dan takut kepada siksaan-Nya. Hal ini mengandung arti janji untuk memberi pahala terhadap perbuatan yang baik dan ancaman terhadap perbuatan yang buruk. Ibadat yang terdapat pada ayat 5 semata-mata ditujukan kepada Allah.

Maha Nyata Allah dengan segala Kuasa-Nya

Sumber ;

Jika ada diantara teman-teman yang paham, mohon untuk tak sungkan berbagi.

Salam

Fadli

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s